WordPress multi language

Institut Kemandirian

Alhamdulillah terakhir ini dapet job mengelola web institut kemandirian institut kemandirian yang berada dibawah affiliasi dompet duafa berkonsentrasi pada pemberdayaan sumberdaya manusia. Beberapa program unggulannya antara lain, pelatihan kewirausahaan, otomotif, IT, Handphone, Jahit, dan Salon muslimah.

Setelah searching di google, akhirnya saya menemukan plugin gtranslate. Plugin yang lumayan bagus untuk menjadikan web/blog wordpress kita menjadi multi bahasa.

Gtranslate mensupport 58 bahasa, 95 % bahasa yang digunakan oleh pengguna internet di dunia.

Gtranslate, tidak hanya untuk wordpress, tapi juga ada module-module lain yang bisa digunakan untuk CMS lain yaitu Joomla!, Drupal, TYPOlight dan web html.

Terdapat dua versi. Versi free dan versi berbayar. Diantara kelebihan versi berbayar adalah kebersabatan URL untuk bisa mengindex bahasa yang kita install di mensin pencari semisal google. Jika kita menginstall bahasa inggris dengan extention “en”. Extention “en” akan ditambahkan pada URL web. semisal http://warungbaduy.com/en. Lain halnya dengan versi free, extention tidak menjadi bagian URL, sehingga mesin pencari hanya akan mengindex bahasa default web kita. Jika web kita ditulis dengan bahasa indonesia, maka google hanya akan mengindex bahasa indonesia.

Untuk lebih jauh mengenal plugin ini, silahkan kunjungi situs resminya di:

http://edo.webmaster.am/gtranslate

Saat ini saya tidak menuliskan cara instalasi dan penggunaannya. Jika saudara pembaca membutuhkan, silahkan komen dibawah. Terimakasih.

7 Comments

  1. waduh pasti bukan kebetulan saya nemu artikelnya mas, saya pingin masang multi language di blog. sdh download softwarenya install ke blognya gmn. tolong bagi ilmuny. terimakasih.

Leave a Reply