Halama front end pada wordpress

profile-builder
profile-builder

Bagaimana supaya wordpress kita memiliki menu front end? Jika kita memakai CMS Joomla, kita akan menemukan fasilitas front end secara default. Dengan fasilitas ini, member dapat log in ke member area tanpa harus masuk ke administrator area. Bagaimana dengan wordpress?

Sebagaimana kita ketahui, secara default wordpress hanya menyediakan level user dari subscriber sampai administrator, semua level user log in ke halaman dashboard, atau halaman administrator jika kita menggunakan Joomla. Dalam wordpress tidak ada pembagian, front end dan back end.

Nah, bagaimana supaya wordpress kesayangan kita memiliki fitur front end?. Sehingga member tidak perlu mengakses halaman dashboard.

Untuk menyediakan halaman front end pada wordpress, kita dapat menggunakan plugin yang bebas kita download. Dari sekian plugin yang menawarkan fasilitas front end, saya merekomendasikan plugin Profile Builder.

Plugin Profile Builder terdapat dalam dua versi, yaitu versi free dan versi pro.

Saya kira versi free sudah cukup untuk kita gunakan, jika kita enggan merogoh kocek untuk membeli lisensi. Dan lebih Aman dari pada anda mencari2 versi pro secara illegal :-D. Sebab jika memaksakan diri menggunakan versi pro yg illegal, kita tidak dapat mengakses update atau patch jika ditemukan bug pada plug in ini, jadi sangat rentan dari segi kemananan.

Install plugin Profile Builder

Untuk meninstall plugin Profile Builder, dapat dilakukan melalui dua cara:

1. Log in ke dash board, Plugins –> Add New –> kemudian ketikkan “Profile Builder” pada search box, kemudian klik install.

2. Download plugin, klik disini. kemudian install secara manual. Baik upload dari dashboard, atau upload dari cpanel ke folder wp-content/plugins.

Menggunakan plugin Profile Builder

Setelah terinstall, buat halaman atau pages dengan menggunakan shortcode berikut:

Halaman Edit Profil gunakan shortcode: [wppb-edit-profile] Gunanya untuk mengedit data user setelah log in.
HalamanLog In gunakan shortcode: [wppb-login] Halaman log in member/user.
[wppb-register] Untuk menampilkan halaman registrasi member.
Halaman Password Recovery gunakan shortcode: [wppb-recover-password] Untuk menampilkan halaman recovery password.

Berikut video tutorial dan review plugin Profile Builder:

Semoga bermanfaat, anda tertarik atau jika ada kesulitan, silahkan isi komentar ya :-D

Leave a Reply